Modus Pencurian Laptop di Cafe/Warkop

Hati-hati.!!!, Jangan mudah percaya kepada orang yang tidak kita kenal sama sekali, beberapa kali telah terjadi kasus penipuan (pencurian laptop) dengan modus yang berbeda-beda. salah satu yang dialami oleh seorang anak mahasiswa yang tampak masih lugu tersebut sedang nongkrong di warkop/cafe yang menyediakan fasilitas wifi. Tulisan ini sy buat setelah kejadian berlangsung. 

Sebelumnya anak tersebut berbicara dengan seorang pria dewasa dengan postur layaknya seorang aparat, pria dewasa (pelaku) itu juga mengakui dirinya sebagai polisi menurut anak tersebut. Jelas dengan usia anak seperti itu masih sangat mudah untuk dipengaruhi. Anak-anak sebaya mahasiswa baru, lebih cenderung mudah mempercayai seseorang bahkan orang yang belum mereka kenal sama sekali. Kejadian kali ini modusnya si pelaku memberikan sejumlah uang kepada korban dengan maksud meminta tolong kepada anak tersebut untuk membelikan martabak, kemudian pelaku tersebut dengan lagaknya seorang yang baik menyuruh anak tersebut menitip tas yang berisi laptop di kasir cafe/warkop supaya aman. Beberapa menit setelah anak itu berangkat, disitulah si pelaku mulai beraksi dengan meminta tas yang dititip dikasir tadi. Tapi Alhamdulillah satu kesyukuran buat anak tersebut sebab niat pencurian laptop tidak berhasil dijalankan dikarenankan si pelaku keburu sadar ada aparat (intel) yang sedang mencurigai gerak-geriknya, padahal tas tersebut sudah berhasil dia bawa. Saya yang kebetulan ada disitu awalnya tidak tahu kalau ternyata orang itu bermaksud menipu, nanti ketahuan setelah sorang anak lain yang juga pernah mengalami kejadian yang sama dan mengaku juga masih ingat rupa orang tersebut. Sayangnya si pelaku berhasil lolos dan membawa sebuah handphone BB Gemini milik anak yang nyaris kehilangan laptop tadi. Jadi laptopnya selamat tapi handphonenya berhasil dirampok. sampai saat tulisan ini saya buat aparat (intel) mencoba melacak keberadaan pelaku tersebut. Semoga ketemu yah..

Kejadian atau modus seperti ini tidak saja terjadi pada barang-barang elektronik seperti laptop tadi tapi juga  penipuan melalui ATM, uang tunai, emas dan masih banyak lagi jenis2 penipuan yang lain.
Sekedar masukan buat siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. 
  • Berdo'a setiap kali akan beraktivitas : )
  • Jangan mudah percaya kepada orang yang belum kita kenal sama sekali sebab penipuan tidak mengenal usia, siapa saja bisa menjadi korban!.
  • Jangan memancing pelaku untuk beraksi, misalnya memakai barang-barang berharga atau sengaja memperlihatkan kepada orang lain karena dapat mengundang niat seseorang untuk melakukan aksi penipuan, pencurian/jambret.
  • Emas, sebaiknya menggunakan perhiasan imitasi, yang asli disimpan saja ditempat aman, dirumah atau dimana saja yang kita rasa aman sebagai simpanan/investasi.
  • Jika kita hendak menarik uang melalui mesin ATM, sebaiknya ada yang menemani atau jika sendirian perhatikan orang lain disekitar kita sebelum melakukan penarikan.
  • Masukan yang lain silahkan jika ada yang mau nambah.. : )   
Sekian dulu postingan kali ini, semoga selalu bermanfaat.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar