Mengatasi Error pada printer canon MP145, E2-2/5100

Alhamdulillah,
kali ini sy akan mencoba menulis bagaimana cara mengatasi error 2-2 atau error 5100 pada printer Canon MP145. Error yang saya maksud disini bisa kita lihat seperti video dibawah,
    




Error 2-2 bisa saja disebabkan karena posisi kertas yang tidak pas pada saat akan melakukan proses cetak, atau ada sesuatu yang mengganjal dibagian dalam printer sehingga penarik kertas sulit untuk melakukan fungsinya ataupun disebabkan faktor lain. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya, berawal ketika ada sesuatu yang harus segera saya kerjakan dengan waktu yang cukup singkat, alhasil pekerjaan itu saya kerjakan dengan bantuan printer pinjaman dari teman.(*dikejar waktu :D)

Saya lanjut mengenai solusi mengatasi e2-2 printer Canon MP145.
Akhirnya pekerjaan selesai dan ada waktu mengutak-atik printer saya yang mulai banyak tingkah ini, saya mencari tulisan diblog/web mengenai masalah yang sama dengan printer ini, tapi lagi-lagi saya tidak/belum menemukan solusi yang lebih jelas, mungkin karena kata kunci yang saya gunakan ataukah memang belum ada yang bisa memberikan solusi yang lebih detail mengenai masalah ini. Ada banyak faktor penyebabnya seperti yang sudah saya tuliskan diawal, dan salah satu faktor penyebab yang saya hadapi adalah ada sesuatu yang mengganjal di dalam printer, saya dapati semacam potongan dari bahan plastik dengan ukuran kecil dibagian pembersih catridge (letaknya ujung sebelah kanan, posisi carriage berhenti), entah itu asalnya dari mana. kemudian saya bersihkan benda yang mengganjal itu dengan menarik ke arah kanan posisi carriage, tadinya sy berfikir masalahnya sudah beres tapi ternyata setelah coba melakukan proses cetak, masalah yang sama masih tetap terjadi. Akhirnya saya coba lepas casing sebelah kanan sambil melakukan proses cetak berulang kali untuk menganalisa apa sebenarnya yang membuat penarik kertas tidak dapat bekerja seakan ada yang mengganjal, ternyata masalahnya ada pada selang pembuangan yang menempel dibagian bawah pembersih kepala catridge.


Diatas adalah gambar/foto selang yang saya maksud (ditunjuk oleh gagang sikat gigi hehehe..), perhatikan baik-baik posisi selang ini, coba tarik sedikit selangnya terutama selang warna hitam tapi jangan terlalu keras, kemungkinan dibagian bawah posisinya bergeser disebabkan sudah terlalu lama bekerja sehingga bagian pencuci kepala catridge ini tidak leluasa bergerak, bagian bawah sempit karena selang.

Nah, Sekian dulu pengalaman dari saya.., "salah satu penyebab". Semoga tulisan dalam cerita yang berbelit-belit ini dapat dijadikan masukan, smoga bermanfaat.
     

  

2 komentar:

  1. thank penulis atas Artikelnya. Semoga ini menjadi solusi. btw dibagian mananya ya posisi letak selangnya? bs ditunjukin ga bagian bawahnya. dan ngeri juga ne blm biasa bongkar printer. salam kenal ya? jangan sungkan mampir ke Blog Saya:

    http://benakhati.blogspot.com

    BalasHapus